Bagi orang yang dalam pekerjaannya sering membuat surat keputusan dengan mail merge mungkin pernah mengalami masalah ketika kita hendak mengatur format tanggal yang kita ambil datanya dari exel. Mail merge tidak mengambil format tulisan dari data yang ada di exel. Artinya jika kita mengatur tulisan yang kita buat bold di exel kita makan tampilan di merge document yang kita buat tidak akan tercetak tebal.

Demikian pula dengan format date maupun currency yang telah kita format di data exel kita. Format yang kita set tersebut tidak akan sama dengan yang ditampilakan di merge document. Untuk mengatasi masalah tersebut kita perlu menambahkan sedikit perintah/ code pada dokumen mail merge kita.  Begini caranya:

  1. Tekan Alt+F9 agar code mergefield muncul didocument kita.
  2. Untuk format date tambahkan perintah \@ “dd MMMM yyyy” sesuai keinginan kita.
  3. Untuk format currency dalam Rp kita tambahkan di sebelah field kita menjadi \# (“Rp#.#,00″) sesuai format yang kita inginkan.
  4. Kemudiann liat hasilnya dengan menekan preview.

Masih ada masalah untuk format date yang kita tampilkan karena nama bulan yang muncul dalam bahasa Inggris. Bagaimana solusinya? Kita tunggu artikel selanjutnya karena saya juga masih mencari-cari caranya..:)